[ X ]

Terima kasih sudah Mengunjungi

[ Close ]

Advan A1N70T, Netbook Murah berkualitas



Pada awalnya merek Advan hanya menghadirkan notebook ekonomis yang kerap muncul dengan satu ciri khas, tanpa modem dial-up. Meski kelihatannya kurang berarti, absennya fasilitas tersebut nyatanya membuat harga Advan relatif sangat kompetitif dibandingkan kompetitor. Tidak adanya fitur modem juga menjadikan jajaran notebook Advan seperti netbook yang desainnya memang lebih difokuskan untuk penggunaan wireless.


Nah tahun ini Advan muncul dalam bentuk netbook yang dalam jajaran produk mobile-nya disebut sebagai seri A. Fisik netbook Advan ini amat mirip dengan beberapa merek yang lebih dulu populer, MSI Wind salah satunya.

Dugaan kami netbook Advan A1N70T memang diproduksi pabrikan ODM (Original Design Manufacturer) di mana sebuah desain seringkali diimplementasikan pada beberapa merek. Kalaupun ada perbedaan, hanyalah terletak pada tata letak fitur dan fungsi shortcut yang disediakan.

Desain yang pasaran ini membuat netbook Advan seolah-olah tidak memiliki ciri khas yang cepat diingat orang. Agaknya pihak Advan ingin menghadirkan produk semurah mungkin dibanding pesaing mereka, karena itu soal desain menjadi faktor yang seringkali diabaikan agar harga jual bisa serendah mungkin. Taktik penetrasi produk seperti ini memang acapkali diplot mentah-mentah produk dari Cina.

Sebagaimana umumnya netbook, Advan A1N70T mengandalkan prosesor Intel Atom N270 berkecepatan 1,6GHz yang memiliki lebar bandwidth FSB 533MHz. Komponen lain pun masih serupa dengan lainnya, seperti memori DDR2 1GB, harddisk SATA 160GB, dan Webcam 1,3 megapixel. Koneksi yang ditawarkan sangat umum seperti wireless dan kabel via LAN, cuma tanpa fitur Bluetooth. Ukuran layar 10,2” yang digunakan memang menjadi trend netbook masa kini, sayang layarnya tidak menawarkan sudut pandang yang tinggi sehingga tampilan hanya lebih nyaman bila dalam posisi berhadapan saja.

Memakai Advan A1N70T untuk mengetik memang menyenangkan karena keyboard yang tersedia memberikan tombol-tombol besar yang mudah untuk ditekan. Hal sebaliknya terjadi pada touchpad plus tombolnya yang tampil terlalu imut sehingga menyulitkan Anda yang berjari besar saat mem-browsing Web misalnya, akan lebih nyaman diakses menggunakan mouse eksternal.

Untuk mempermudah penggunaannya, Advan menambahkan shortcut ekstra untuk melakukan bowsing, membuka e-mail (Outlook Express), dan juga menjalankan media player. Tidak banyak memang, tetapi cukup bermanfaat.
***


Perilaku kinerja Advan A1N70T seperti juga netbook lain yang mengusung dapur pacu serupa, Atom N270. Kalaupun ada yang berbeda mungkin hanya pada daya tahan penggunaan netbook, dalam hal ini kapasitas batere. Advan yang menggunakan batere 4400mAh boleh sedikit berbesar hati karena daya tahannya terhitung lama dibanding beberapa netbook yang kami coba. Namun daya tarik utama agaknya pada harga jual netbook ini yang amat murah (sekitar US$ 340-an).


PLUS: Keyboard besar; shorcut ekstra; daya tahan batere; harga ekonomis.

MINUS: Desain konvensional; kinerja grafis rendah; tanpa Bluetooth.

Spesifikasi ADVAN A1N70T
Prosesor: Intel Atom N270 (1,6GHz, 512KB cache, FSB 533MHz)
RAM: 1GB, DDR2 667MHz
Chipset: Intel 945GME
Kartu Grafis: GMA 945
Harddisk: 160GB SATA
Optical drive: Tidak ada
Fasilitas: Wi-Fi, LAN, card reader (4-in-1), USB (3), Webcam 1,3MP, VGA-out.
Layar: 10,2”, resolusi 1024x600 pixel
Kartu suara: Realtek ALC662, HD audio
Sistem Operasi: Free DOS
Batere: 4400mAh
Dimensi: 25,8x18,9x2,8 cm
Bobot: 1,27kg
Garansi: 1 tahun
Situs Web: www.advandigital.com
Harga kisaran*: Rp 3.999.000
* Intech Surya Abadi, (021) 6583-0222

0 Komentar

Post a Comment